Menyeramkan! Umat Manusia Mengonsumsi Lebih Banyak Sumber Daya Dibanding yang Bisa Diperbarui Bumi


Earth Overshoot Day adalah hari di mana umat manusia telah mengkonsumsi lebih banyak sumber daya alam daripada planet ini.



Menurut kelompok lingkungan WWF dan Global Footprint Network, untuk keseluruhan tahun 2017, tanggalnya jatuh lebih awal daripada tahun-tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2017, tanggal 2 Agustus disebut sebagai Earth Overshoot Day, di mana manusia telah menghabiskan uang mereka untuk air, tanah, udara bersih, dan sumber daya lainnya di Bumi untuk keseluruhan tahun 2017.

“Ini berarti dalam tujuh bulan, manusia telah memancarkan lebih banyak karbon daripada samudera dan hutan yang bisa diserap dalam setahun,” tulis menurut juru kampenye dilansir dari independent.co.uk.

“Kita menangkap ikan lebih banyak, menebang pohon lebih banyak, memanen lebih banyak, dan menghabiskan air lebih banyak daripada yang dihasilan Bumi pada periode yang sama.”

Diketahui Earth Overshoot Day telah dihitung sejak tahun 1986. Namun tanggalnya tidak pernah turun sangat drastis.

Sebab, ini melihat kesimbangan antara jejak global – apa yang manusia ambil dari Bumi – dan kemampuan biokapasitas, yang memungkinkan kita menghasilkan sumber daya.

Pada 1980-an, Earth Overshoot Day jatuh pada bulan November. Lalu bergeser pada bulan Oktober 1993 dan sampai September pada awal tahun 2000.

Namun pada 2016 telah mencapai tanggal 8 Agustus dan 2017 pada 2 Agustus.

Terus Diambil Isinya, Apakah Berat Bumi Berkurang?

Terakhir, juru kampanye menyarankan setiap orang untuk membantu mengembalikan tren ini dengan mengurangi makan daging, membakar lebih sedikit bahan bakar, dan mengurangi limbah makanan.

Apakah Anda bisa melakukannya?

Related Posts: